Sman1kutautara.sch.id –¬†Jumat,15 September 2023. SMA Negeri 1 Kuta Utara melaksanakan kegiatan pemaparan materi dalam melanjutkan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertemakan kearifan lokal. Salah satunya yaitu mesalaran siat tipat bantal.

Badung - Wantilan Pura Dalem Gede - P5 - 2023

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan merenungkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Mesalaran siat tipat bantal merupakan salah satu tradisi perang ketupat yang rutin dilaksanakan oleh warga Desa Padang Luwih setiap sasih purnama kapat. 

Tujuan dari program ini agar dapat mendalami dan meningkatkan wawasan Siswa Sakura (SMA Negeri 1 Kuta Utara) terhadap kearifan lokal yang ada di daerah sekitar, serta kampung halaman mereka. Kegiatan pemaparan materi diikuti oleh kurang lebih 200 siswa Sakura (SMA Negeri 1 Kuta Utara), dengan narasumber Bapak I Gede Eka Anggara Purnawan,Sip. Selaku pegawai di SMA Negeri 1 Kuta Utara, warga asli Desa Padang Luwih. 

Berdasarkan pengalaman langsung, beliau menjelaskan tradisi mesalaran siat tipat bantal sudah rutin dilakukan di Desa Padang Luwih setiap purnama sasih kapat serta sempat diteliti dan diterbitkan dalam buku oleh Kunhi pers. Setelah pemaparan materi, siswa diminta untuk membuat laporan dan mempraktekkan langsung tradisi mesalaran siat tipat bantal. 

“Harapan saya kedepannya untuk generasi muda terutama siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara agar bisa mengenal lebih tradisi yang ada di daerahnya masing-masing, serta kita dapat melaksanakan secara rutin dan melestarikannya,” ujar Bapak I Gede Eka Anggara Purnawan,Sip.

Laporan: Anya, Manik, Budi, Andrew, Sintya, Handika 

Editor: Joice